Rabu, 16 November 2011

7 ORANG YANG DIKENANG DUNIA

1.       Archimedes (287-212 SM)

Archimedes adalah seorang ahli matematika bangsa Yunani. Ia diyakini melakukan percobaan untuk membuktikan bahwa teorinya benar. Dia menemukan peralatan praktis seperti pompa air Archimedes yang masih digunakan sampai sekarang untuk menaikkan air guna keperluan irigasi. Dia juga memikirkan berbagai kaidah yang berlaku untuk penggunaan pengungkit dan katrol.
                Mungkin hal yang paling terkenal yang membuat dia diingat adalah ketika dia melompat keluar dari bak mandi dan masih telanjang berlari-lari di jalan raya berteriak “Eureka” yang berarti “aku menemukannya!”. Apakah cerita tersebut benar atau tidak, dia menemukan bahwa suatu benda memindahkan air sesuai dengan beratnya kalau mengapung atau dibenamkan dalam air.

2.       Charles Darwin (1809-1882)
Ilmuwan bangsa Inggris, Charles Darwin, dikenang karena idenya mengenai evolusi setelah penelitian selama bertahun-tahun dan mengikuti pelayaran yang menjelajah berbagai tempat. Dia menemukan bahwa banyak pulau kecil mempunyai populasi makhluk hidup yang unik. Darwin mampu menunjukkan perbedaan makhluk ini dari kerabatnya yang hidup ditempat lain. Di kepulauan Galapagos misalnya, dia menemukan beberapa kehidupan binatang yang unik, karena mereka terisolasi dari daratan utama.

3.       Albert Einstein (1879-1955)
Albert Einstein adalah ahli fisika yang lahir di German. Dia mengembangkan teori relativitas, yang berujung pada persamaan yang terkenal, E=mc2  (hanya sedikit orang yahanya sedikit orang yang benar-benar memahaminya). Karya Einstein merupakan dasar untuk sebagian besar teori modern mengenai sifat alami, sejarah, dan struktur alam semesta. Dia mengungkapkan dasar hukum yang mengatur benda yang bergerak dengan kecepatan mendekati cahaya, dan menjelaskan mengapa bergerak dengan kecepatan seperti ini dapat mengubah waktu itu sendiri. karyanya juga terbukti amat berharga dalam mengembangkan bom atom. Dia dikenang sebagai salah seorang ilmuwan paling besar dizaman kita.

4.       Florence Nightingale (abad 19)
Florence Nightingale adalah seorang perawat berkebangsaan Inggris yang bekerja sendiri melakukan revolusi praktik perawatan, sanitasi di rumah sakit, dan kesehatan publik. Ketika pecah perang di Crimea, Nightingale menjadi tenaga sukarela untuk tugas perawatan, bekerja bersama dengan 38 orang perawat di bawah komandonya. Dia mengatur barak rumah sakit setelah pertempuran Inkerman, dan dengan memperkenalkan disiplin dan kebersihan pada rumah sakit, dia berhasil menurunkan angka kematian. Ketika dia kembali ke Inggris pada tahun 1856, dia dianugerahi dana sebesar £50.000 untuk melatih perawat. Dia dikenal sebagai “the Lady with the Lamp” karena lentera yang dibawanya di malam hari. Dia biasanya berjalan di koridor rumah sakit, memeriksa semua pasiennya

5.       Kong Hu Cu
Kong Hu Cu adalah ahli falsafat china di zaman dahulu yang mengajarkan perlunya tanggung jawab moral dan kebajikan. Ajarannya tidak banyak memberi dampak dimasa hidupnya, tetapi ajaran itu kemudian menjadi bagian utama dan moral orang china dan pemikiran keagamaan.
                Kong Hu Cu mungkin hidup dari tahun 551-479 SM, di zaman dinasti Zhou. Marga Zhou adalah kelompok penguasa china yang paling lama berkuasa, yang memrintah Negara itu dari tahun 1122-256SM. Aliran kong hu cu mungkin merupakan sifat paling penting dalam kehidupan orang china sampai munculnya komunisme di abad ke 20. Aliran kong hu cu menyerupai agama, tetapi bukannya untuk menyembah dewa melainkan ditujukan pada moral luhur dan pemerintahan yang baik.
                Walaupun kong hu cu hidup ribuan tahun yang lalu, pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari masih kuat di china dewasa ini.

6.       Boadicea (Boudicca)
Boadicea (Boudicca) adalah ratu Iceni, suatu suku bangsa Celtic yang tinggal di inggris bagian timur. Suaminya adalah gubernur, yang bekerja untuk orang romawi. Setelah suaminya meninggal, orang romawi mencoba mengambil alih kendali, Boadicea memimpin pemberontakan, yang merampok kota Colchester dan London, sampai bala tentara romawi dikirimkan untuk melawannya. Tentara romawi mengalahkan suku iceni dan orang Celtic yang menjadi sekutunya. Dia dikenal karena berperang dari atas kereta perang, dan orang romawi harus mengembangkan taktik khusus untuk melawan kereta perang yang dapat bergerak cepat ini. Boadicea mengakhiri hidupnya sendiri dengan menelan racun untuk menghindari dijadikan tawanan.

7.       Prajurit Terakota
Di china, dinasti Qin yang kuat mulai berkuasa di abad ke 3 SM. Mereka dengan cepat menaklukkan tetangga-tetangganya untuk membentuk kerajaan luas yang meliputi sebagian besar Negara china modern. Seorang kaisar Qin bernama Shi huangdi menetapkan berat standart dan ukuran serta memperkenalkan bentuk mata uang tunggal. Dia paling dikenang karena pembangunan tembok besar di china yang membentang sepanjang 2.250 km melintang di china bagian utara.
 Ketika kaisar ini mati, kuburan berukuran besar dibangun untuk menyimpan jenazahnya. Kuburan itu diisi dengan ribuan patung terakota (atau tembikar) tentara penjaga sebesar orang hidup. Setiap patung dibuat berdasarkan pada model individual. Semua patung ini diletakkan dalam 3 terowongan didalam kompleks yang luas mengeliling kuburan kaisar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TRANSLATOR

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Blog Newb1e